.

Thursday, July 21, 2011

Konsep Membuat Kandang Itik Dengan Benar

Untuk dapat membuat kandang itik, seseorang harus memiliki pengetahuan tentang bahan bangunan, cara- cara mendirikan bangunan, dan persyaratan bangunan. disini akan dijelaskan mengenai persyaratan yang harus dipenuhi dalam membuat kandang itik.

a. Arah Kandang :
sebaiknya, panjang kandang itik membujur dengan arah timur barat. posisi ini dapat mencegah masuknya sinar matahari sepanjang hari yang akan mengakibatkan suhu di dalam kandang menjadi panas.

b. Besar Kandang :
itik memerlukan ruang gerak yang lebih besar dibandingkan dengan ayam karena itik termasuk ternak yang mudah kaget dan ketakutan. bila ruang geraknya sempit, pada saat ketakutan, mereka akan saling bertabrakan atau berhimpitan. untuk seekor itik dewasa yang terus menerus di dalam kandang, perlu disediakan ruang gerak seluas 1 meter persegi untuk 2 ekor.

c. Tinggi Kandang
walaupun itik adalah ternak kecil, tetapi kandangnya tetap harus tinggi, yaitu paling sedikit 2 m. alasannya adalah agar pertukaran udara lancar dan tidak perlu membongkok saat membersihkan kandang atau melakukan pekerjaan lain di dalam kandang.l

d. Dinding Kandang
sebaiknya sisi (dinding) kandang terbuka, artinya tidak terbuat dari tembok atau bahan lain yang tertutup. bagian ini ditutup dengan kawat, kecuali sekitar 60 cm diatas lantai yang ditembok. tembok setinggi 60 cm diatas lantai tersebut dimaksudkan agar serasah (Litter) tidak berhamburan keluar dan menahan pantulan panas dari tanah. pada saat itik masih kecil dan belum tahan dingin, sekitar kandang dapat ditutup dengan plastik, karung, atau bagor.

e. Cahaya :
cahaya matahari, bukan sinarnya langsung, harus dapat masuk kandang.
Add to Cart

0 komentar:

Post a Comment